Bab.
1 Pendahuluan
A.Latar
belakan g
pengertian Microsoft
excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam
pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan
untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan
atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering
digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam
rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau
minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua
yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling
berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa
mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak
smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah
mempelajari tentang Microsoft Excel.
B.Relita
C.Harapan
Di harapkan dengan adanya Microsoft excel dapat membantu pekerjaan,
terutama dalam bidang pendidikan.
D.Rumusan masalah
E.Tujuan
Untuk mengetahui program kerja,fungsi,dan manfaat Microsoft excel 2007
dalam kehidupan sehari-hari.
Bab.2 Pembahasan
A.pengertian
Microsoft excel 2007
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft
Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Didalam program ini
kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara
menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik
dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area,
radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom
Types.Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk
huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing
yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat
menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik
Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
B.fasilitas
Microsoft excel 2007
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu:
1.pengurutan data secara otomatis.
Cara pengurutannya juga dapat
dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
1. Cara 1 : Klik tombol Start > All Program >
Microsoft Office > Microso
Office Excel 2007.


Pada Windows Microsoft Excel
2007 yang muncul, terdapat beberapatampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan
mouse anda masing-masing komponen berikut) :
Office Button – Quick Access Toolbar
– Menu Bar (Baris Menu) – Title Ba
(Baris Judul) – Tool Bar (Baris Tool
Bar) – Tombol Ukuran (Sizing Button)
Name Box - Formula Bar Column Baris
- Tab Worksheet - Inser
Worksheet – Status Bar - Document
Area – Horizontal Scroll Bar – Vertica
Scroll Bar – Zoom – Tampilan Layar.

1. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert,
Save,Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat
kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button.
Jikaanda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007
yaituHome, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu
dandigunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
8. Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh
garisbatas yang lebih tebal.
10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom
Ahingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1
hingga 1048576.
12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja
lain dengan mudah.
13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet
baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau
kekanan.
17. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke
bawah.
18. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar.
Terdiridari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
19. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada
lembar kerja anda.
2. Workbook dan Worksheet
1. Membuat Worksheet baru Klik
tombol Insert Worksheet pada tab Worksheet.

Anda akan mendapatkan Worksheet baru
dibelakang Worksheet yang
telah ada.
2. Mengubah Nama Worksheet Klik
kanan pada Worksheet yang mau diganti nama nya. Pada menu pop-up yang muncul
klik Rename.

Masukkan nama Worksheet yang baru,
lalu tekan Enter pada keyboar
anda. Hasil perubahan namanya bisa
anda lihat di bawah ini.

3.Mengenal & Membuat Range
Berikut ini adalah
langkah-langkah membuat range.
1. Letakkan kursor pada sel
awal range yang anda inginkan.
2. Klik dan tahan tombol
kiri mouse.
3. Bawa kursor ke sel akhir
range.
4. Lepaskan tombol kiri
mouse.

4.Memasukkan Data ke Dalam Sel
Sekarang anda akan belajar
memasukkan data ke dalam sel. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Jadikan sel tersebut sebagai sel
aktif.
2. Ketik data pada sel tersebut.
3. Tekan tombol Enter. Atau tombol
panah pada keyboard untuk
memindahkannya.

5.Fasilitas AutoFill
1. Berikut langkah-langkah untuk
memasukkan data secara berurutan Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range
pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang
terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan
muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan
terisi secara otomotis dengan data yang berurutan.
2. Memasukkan variasi data yang
berupa angka dan teks. Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada
kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak
pada sudut kanan bawahrange. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul.
Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi data
angka dan teks secara berurutan.
3. Memasukkan variasi data yang
berupa angka dan teks. Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada
kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak
pada sudut kanan bawahrange. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul.
Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi
data angka dan tekssecara berurutan.
6.Memindahkan Isi Sel
Cara
memindahkan isi sel:
1. Tempatkan mouse di bagian tepi (garis
tebal), tapi jangan pada bagianujung-ujungnya, sampai keluar tanda panah
bersilangan. Pastikan bentuk kursor
berubah seperti contoh berikut.

2. Klik kiri mouse pada bagian tepi sel, tetap tekan tombol kiri mouse
sambil gerakkan ke sel C2. Lepaskan tombol kiri mouse di sel C2. Hasilnya
sepertiini:

- Maka Nama Siswa pindah ke kanan bawah (C2)

7.Memindahkan Isi Worksheet
Berikut ini langkah-langkah untuk memindahkan isi Worksheet dari satu
lokasi ke Worksheet lokasi yang lain.
1. Buatlah range pada data Worksheet
yang akan dipindahkan.
2. Klik menu Home, kemudian klik
toolbar Cut yang terletak dalam toolbar
Clipboard.

3. Garis batas range akan
berkedip-kedip jika rangenya sudah di Cut.
4. Buatlah sel aktif pada tempat
yang dituju.
5. Klik menu Home, kemudian klik
toolbar Paste yang terletak dalam toolba
Clipboard.

8.Menghapus Isi Workbook
Berikut cara menghapus isi dalam
Workbook.
1. Menghapus isi sel. Jadikan isi sel yang akan dihapus sebagai sel
aktif > tekanDelete pada keyboard anda.
2. Menghapus isi range. Buatlah range yang isinya akan dihapus >
tekan Deletepada keyboard anda.
3. Menghapus Worksheet. Klik kanan lembar sheet, maka akan muncul manu
pop-up > klik Delete pada menu pop-up tersebut.
4. Menghapus Workbook. Buka Windows Explorer > Blok File yang akan
dihapus >tekan Delete pada keyboard anda.
9.Menyisipkan kolom Baru
- Tempatkan sel aktif di C1.

- Klik kanan mouse, maka akan muncul pilihan berikut.

- Maka akan bertambah kolom C.

presentasikannya ke dalam bentuk grafik/diagram
C.Istilah-istilah dalam Excel
1. Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada
lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian
dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh
Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
2. Column Heading
Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada
lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga
berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah
ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita
akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus
sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar
kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).
3. Cell Pointer
Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel
adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut
posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A
dengan baris 1.
4. Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang
akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus
diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat
pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
Tombol
|
Fungsi
|
← ↑ → ↓
|
Pindah
satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
|
Tab
|
Pindah satu sel ke kanan
|
Enter
|
Pindah satu sel ke bawah
|
Shift + Tab
|
Pindah satu sel ke kiri
|
Shift + Enter
|
Pindah satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang
dipilih
|
Ctrl + Home
|
Pindah
ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
|
Ctrl + End
|
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang
digunakan
|
PgUp
|
Pindah satu layar ke atas
|
PgDn
|
Pindah satu layar ke bawah
|
Alt + PgUp
|
Pindah satu layar ke kiri
|
Alt + PgDn
|
Pindah satu layar ke kanan
|
Ctrl + PgUp
|
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab
lembar berikutnya
|
Ctrl + PgDn
|
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab
lembar sebelumnya
|
o Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel ,
karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan
rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus
adalah ;
Lambang
|
Fungsi
|
+
|
Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
^
|
Perpangkatan
|
%
|
Persentase
|
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan
dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah
(+) atau kurang (-).
o Menggunakan
Fungsi
Fungsi
sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan
membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan
kebutuhan. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik
berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda
kurung ().
Beberapa
Fungsi yang sering digunakan:
1. Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan
untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range). Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari
nilai rata-ratanya.
2. Fungsi Logika IF(…)
Fungsi
ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya,
jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0.
Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang
|
Fungsi
|
=
|
Sama dengan
|
<
|
Lebih kecil dari
|
>
|
Lebih besar dari
|
<=
|
Lebih
kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih
besar atau sama dengan
|
<>
|
Tidak sama dengan
|
1. Fungsi Max(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan
data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan
dicari nilai tertingginya.
2. Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan
fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari
sekumpulan data numerik.
3. Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu
range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
4. Fungsi Left(…)
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah
kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah
kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
5. Fungsi Mid(…)
Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian
tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars).
Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
6. Fungsi Right(…)
Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left
mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars).
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah
kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7. Fungsi HLOOKUP dan
VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel
secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)
BAB 3. Penutup
1.Kesimpulan
Microsoft
excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam
pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft
excel memiliki banyak manfaat dan
kegunaan dalam kehidupan sehari-hari seperti
untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam
perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah
keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para
ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam
kehidupan kita.
2.Saran
DAFTAR PUSTAKA
·
http//www.google.co.id
·
http//www.sribd.com/panduan-Microsoft-office-excel-2007/
·
http//www.doocu.com/Pengertian+Microsoft+excel+2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar