RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMP Negeri 229 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Semester
Satu
Materi Pokok :
Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (3
X 3 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi

|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
a. Diberi kesempatan mengamati
teks hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat
membedakan judul kedua teks
tersebut dalam waktu yang ditentukan
b. Diberi kesempatan mencermati
teks hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat
menentukan struktur isi
(klasifikasi umum, rincian deskripsi) kedua teks tersebut sesuai dengan
waktu yang ditetapkan.
c. Diberi kesempatan membaca teks
hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat
membedakan fitur bahasa teks
hasil observasi dan deskripsi sesuai dengan teks yang dibaca.
2. Pertemuan ke-2
a. Disajikan objek pengamatan,
peserta didik dapat mendata detail-detail
objek tersebut
b. Berdasarkan detail objek
pengamatan, peserta didik dapat menyusun
kerangka teks observasi
3. Pertemuan ke-3
a. Berdasarkan kerangka teks
observasi yang ditulisnya, peserta didik dapat
menyusun draf teks hasil
observasi
b. Diberi kesempatan membaca draf
teks hasil observasi karya sendiri,
peserta didik dapat menentukan
kelemahan bagian struktur teks hasil
observasi ( judul, definisi umum,
bagian deskripsi, dan penutup)
D. Materi
Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
Pengenalan struktur teks hasil
observasi dan deskripsi
Struktur isi:
· Judul
· Klasifikasi umum
· Deskripsi
Ciri Bahasa
· Penggunaan kata
sifat
· Penggunaan kata
kerja aksi
· Penggunaan
istilah-istilah teknis
2. Pertemuan ke-2
Pengamatan objek
- Pemilihan objek
- pengumpulan
detail objek
- Penyusunan
kerangka teks
3. Pertemuan ke-3
Penyusunan teks hasil observasi
- Penyusunan draf
teks hasil observasi
- Penentuan
kelngkapan dan kebenaran struktur teks observasi
E. Metode
Pembelajaran
Saintifik dan inkuiri
F. Sumber
Belajar
· Mahsun, dkk.
2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts.
Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, hlm. 3 s.d. 30.
· Tim
Olvista. 2011. Komodo Reptil Warisan Zaman Purba. Tersedia di
http://olvista.com/fauna/komodo-reptil-warisan-zaman-purba/ diunduh,
Kamis,
26 Juni 2013.
G.
Media Pembelajaran
Model : Teks hasil
observasi dan deskripsi, Puisi tentang alam
Gambar : Gambar
lingkungan alam
Realita : Lingkungan
sekolah
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan (12
menit )
1) Pendidik dan
peserta didik bertanya jawab tentang lingkungan alam
berdasarkan puisi
Tanah Kelahiran karya Ramadhan KH.
2) Guru dan peserta
didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang
gemar
mendokumentasikan keindahan lingkungan dalam bentuk
tulisan maupun
gambar.
3) Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
4) Pendidik dan
peserta didik menyepakatai langkah-langkah kegiatan
yang akan ditempuh
untuk mencapai kompetensi.
b. Kegiatan inti (90
menit)
Mengamati
· Peserta
didik mengamati teks hasil observasi dan deskripsi untuk
menemukan perbedaan
struktur isi kedua teks tersebut
· Peserta
didik secara mandiri mengamati teks observasi dan
deskripsi untuk
menemukan fitur-fitur bahasa pada kedua teks
tersebut
Menanya
· Peserta
didik dengan bimbingan guru mengajukan pertanyaan
dengan berpedoman
dengan kata tanya apa, di mana, bagaimana,
mengapa sesuai dengan
isi teks tersebut.
· Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang bahasa yang
digunakan pada teks
hasil obesrvasi dan deskripsi dengan
memperhatikan pilihan
kata, jenis kata , dan kalimat.
Mengumpulkan data
· Peserta
didik berkelompok terdiri atas 4-5 orang/ kelompok dengan
cara menyebut
nama-nama benda/ tumbuhan untuk ditetapkan
sebagai nama
kelompoknya.
· Kelompok
peserta didik membaca sumber-sumber lain untuk
menentukan perbedaan
struktur isi dan bahasa kedua teks tersebut.
Mengasosiasi
· Kelompok
peserta didik mendiskusikan perbedaan struktur isi teks
hasil teks observasi
dengan deskripsi tentang judul, klasifikasi
umum, dan rincian
deskripsi
· Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan perbedaan
bahasa yang digunakan
pada teks hasil observasi dengan deskripsi
sesuai dengan data
yang terdapat pada kedua teks tersebut
· Peserta
didik membandingkan dan menyimpulkan perbedaan
struktur
teks hasil observasi dengan deskripsi tepat waktu
· Peserta didik
dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan
perbedaan bahasa yang digunakan
dalam teks hasil observasi dan
deskripsi
Mengomunikasikan
· Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya tentang
perbedaan struktur isi teks
observasi dengan deskripsi
· Kelompok lain
menanggapi presentasi kelompok lain dengan
terlebih dahulu mengacungkan
tangan
· Tanggapan
kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak
menyinggung perasaan kelompok
lain
· Dengan dibimbing
pendidik, peserta didik menyimpulkan
perbedaan struktur isi dan bahasa
teks hasil observasi dan deskripsi
c. Penutup (18 menit)
1) Peserta didik mengemukakan
kesulitan dan kemanfaatan selama
pembelajaran berlangsung
2) Peserta didik menyampaikan
usulan untuk perbaikan pembelajaran
berikutnya
3) Peserta didik menerima tugas
membaca teks observasi deskripsi
4) Peserta didik menerima rencana
kegiatan berikutnya berupa
mengamati suatu objek sebagai
bahan menulis teks hasil observasi
2. Pertemuan ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan (12 menit
)
1) Peserta didik dan pendidik
bertanya jawab tentang hasil membaca teks
hasil observasi
2) Peserta didik bercerita
manfaat membaca teks hasil observasi dan
mengemukaan pandangannya tentang
teks hasil observasi
3) Peserta didik menerima
informasi tujuan kegiatan pembelajaran yang
akan ditempuh.
4) Peserta didik dan Pendidik
menyepakati langkah-langkah kegiatan
yang akan dilakukan dalm
pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
· Peserta didik
membaca teks hasil observasi
· Peserta didik
menandai bagian-bagian teks hasil observasi
· Peserta didika
menadandai pilihan kata yang merupakan penciri teks
hasil observasi
Mananya
· Peserta didik
dalam kelompok mengajukan pertanya tentang tata cara
mengelompokkan data hasil
observasi
· Peserta didik
dalam kelompok mengajukan tata cara menyusun
kerangka teks hasil observasi
Mengumpulkan data
· Peserta didik
berkelompok dalam 4 atau 5 orang per kelompok
dengan dipandu pendidik
· Setiap kelompok
menerima tabel pengamatan dan alat teropong
dari kertas manila
untuk mengamati objek
· Setiap kelompok
mendapat tugas dan tempat yang berbeda di luar
kelas sebelum melakukan
pengamatan di luar kelas
· Sebelum
melakakukan pengamatan setiap kelompok
mengidentifikasi unsur-unsur
penting yang akan diamati sesuai
dengan objek yang diamati,
misalnya: tumbuhan, perlu ditentukan
(a) ciri fisik, (b) kondisi
tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan,
(d) karakteristik rinci dari
tiap-tiap bagian, dan (e) proses
pertumbuhannya.
· Setiap kelompok
mengamati objek menggunakan alat teropong
dan tabel pengamatan dengan sikap
tidak berebut dan
berdesakan
Mengasosiasi
§ Semua anggota
kelompok masuk ke ruang kelas belajar
· Setiap anggota
kelompok menuangkan hasil pengamatannya pada
tabel pengamatan dipandu oleh
salah seorang ketua kelompok
§ Masing-masing
kelompok berdiskusi untuk menyusun kerangka teks
hasil observasi
Mengomunikasikan
· Masing-masing
kelompok secara bergantian menyampaikan hasil
pengamatannya dengan pedoman pada
strukutur teks observasi
menurut apa adanya dan kelompok
lain menanggapi dengan kata-kata
yang tidak menyinggung perasaan
orang lian
· Berdasarkan
hasil pengamatan dan komentar kelompok lain, setiap
kelompok menyempurnakan kerangka
penulisan teks observasi
· Pendidik
memberikan penguatan struktur kerangka teks hasil
observasi dan tata cara
menyusunnya
· Setiap peserta
didik dalam kelompok menyempurnakan kerangka teks
hasil observasi berdasarkan
masukan dan detail fata yang
diperolehnya
c. Kegiatan
Penutup (18 menit)
1) Peserta didik mengemukakan
pengalaman-pengalamannya selama
melakukan pengamatan dan
perancangan penulisan pengembangan
kerangka penulisan.
2) Peserta didik menyampaikan
struktur tulisan karya teman sendiri untuk
dibandingkan dengan struktur
tulisan teman dalam kelompok.
3) Peserta didik dan Pendidik
menyepakati strukur kerangka
pengembangan yang akan dijadikan
penulisan teks observasi.
4) Peserta didik menerima tugas
memperbaiki kerangka penulisan yang
telah dibuatnya.
5) Pendidik menyampaikan
rancangan kegiatan berikutnya berupa tata
cara pengembangan kerangka
penulisan teks observasi menjadi teks
observasi.
3. Pertemuan
ke-3
a. Kegiatan
Pendahuluan (12 menit )
1) Peserta
didik dan Pendidik bertanya jawab tentang
keunggulan
dan kelemahan teks observasi yang dibuatnya
2) Peserta
didik membandingkan karya obeservasi yang
dibuatnya
dengan teks observasi yang ditayangkan pendidik
kemudian
membahas keuntungan-keuntungan menulis teks
observasi;
3) Peserta
didik menerima informasi tentang tujuan
pembelajaran
yang akan berlangsung;
4) Peserta
didik dan pendidik bersepakat langkah-langkah
kegiatan yang
akan digunakan untuk mencapai kompetensi.
b. Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengamati
1) Peserta
didik duduk dalam kelompok seperti pada pertemuan
sebelumnya;
2) Peserta
didik dalam kelompok membaca ulang dan
mencermati
kerangka penulisan yang sudah diperbaiki;
Menanya
· Peserta
didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan
tentang
kelengkapan struktur kerangka penulisan yang dibuat
masing-masing
anggota
· Peserta
didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan
tentang tata
cara menyempurnakan kerangka teks dan
pengembangannya
menjadi teks hasil observasi
Mengumpulkan
data
· Masing-masing
peserta didik dalam kelompok mengumpulkan
kelengkapan
data observasi sebagai bahan penulisan draf teks
hasil
observasi.
· Bersama-sama
kelompoknya, peserta didik mengumpulkan
pilihan kata
penciri teks hasil observasi sesuai dengan struktur
isi
Mengasosiasi
· Masing-masing
peserta didik dalam kelompok menulis draf
teks observasi
berdasarkan kerangka yang telah dibuatnya.
· Peserta
didik dalam kelompok membandingkan draf
tulisannya
dengan draf tulisan teman dalam kelompok dengan
memperhatikan
struktur isi.
· Peserta
didik dalam kelompok membandingkan draf
tulisannya
dengan draf tulisan teman dengan fokus
memperhatikan
fitur bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Masing-masing
anggota kelompok dalam kelompok saling menukar
tulisan untuk dibaca dan
dikomentari berdasarkan struktur isi teks
hasil observasi dan bahasa yang
digunakan.
· Peserta didik
memajang hasil draf hasil tulisannya sesuai dengan
kelompoknya masing-masing,
kelompok lain menilai dengan
memperhatikan struktur
isi dan fitur bahasa.
· Pendidik memberi
penguatan tentang draf tulisan teks observasi
peserta didik sesuai
bagian-bagian struktur teks hasil observasi dan
bahasa yang digunakan.
c. Penutup (18
menit)
1) Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya
mengikuti
kegiatan penulisan teks observasi dengan alasan
yang logis;
2) Peserta
didik dan Pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran
menulis teks
observasi sesuai struktur teks yang dikuasai;
3) Pendidik
memberi tugas mandiri memperbaiki draf tulisan
teks hasil
observasi;
4) Peserta dan
Pendidik merumuskan rencana pembelajaran pada
tahap berikutnya
berupa penelaahan dan reviu teks hasil
observasi
karya peserta didik.
I. Penilaian
1. Sikap
spiritual
a. Teknik
Penialaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Terbiasa menggunakan bahasa
Indonesia di kelas dan di luar
kelas
dengan baik dan benar
|
Aspek
lembar observasi
-
Sikap menghargai
- Sikap bersyukur
|
Instrumen
terlampir (Lampiran 1a)
2. Sikap
Sosial
a. Teknik
Penialaian : Observasi, Penilaian diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas untuk kegiatan
membedakan teks
hasil observasi dengan deskripsi
|
Menyelesaikan tugas membaca
dengan sungguh-sungguh dan tepat
waktu (tanggung
jawab)
|
2
|
Senantiasa menggunakan kata-kata yang
tidak menyinggung
perasaan orang lain pada kegiatan
menanggapi perbedaan
pendapat
tentang teks hasil observasi dan deskripsi
|
Menanggapi simpulan perbedaan
yang disampaikan teman dengan
menggunakan intonasi dan pilihan
kata yang tidak menyinggung orang
lain (santun)
|
3
|
Menunjukkan perilaku tidak menjiplak
pada kegiatan menulis
teks hasil
observasi
|
Menuliskan hasil observasi
menjadi teks hasil observasi
karya sendiri sesuai dengan
detail data yang ditemukan
(jujur)
|
Instrumen
terlampir (Lampiran 1 b)
3. Pengetahuan
a. Teknik Penialaian : Tes
tertulis
b. Bentuk Instrumen :
Uraian
c. Kisi-kisi
No.
|
. Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Disajikan
teks observasi
dan
deskripsi, peserta didik
dapat
-
Mengidentifikasi
perbedaan
teks struktur
isi
teks hasil observasi
dengan
deskripsi
-
Mengidentifikasin
perbedaan
bahasa yang
digunakan
pada teks
hasil
observasi dan
deskripsi
|
Berdasarkan
teks hasil observasi dan
deskripsi
jelaskan ciri-ciri judul, klsifikasi
umum,
dan deskripsi pada teks observasi
yang
kamu baca!
Jelaskan
ciri-ciri bahasa yang digunakan
dalam
teks observasi dan deskripsi yang
kamu
baca disertai bukti yang
mendukung jawabanmu!
|
|
|
|
Bacaan dan
Rubrik penilaian terlampir (Lampiran 2)
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Proyek
b. Bentuk Instrumen : Rubrik
penilaian
c. Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Disajikan
ilustrasi tugas
pengamatan
siswa dapat
menulis teks
observasi dengan
bagian-bagian
secara lengkap
sesuai struktur
teks observasi
(judul,
klasifikasi umum,
rincian
deskripsi)
Disajikan
ilustrasi tugas
pengamatan
siswa dapat
menulis judul,
klasifikasi
umum, rincian
deskripsi
dengan isi yang
sesuai hasil
pengamatan
Disajikan
ilustrasi tugas
pengamatan
siswa dapat
menulis judul,
klasifikasi
umum, rincian
deskripsi
dengan kalimat
dan pilihan
kata secara
tepat
Disajikan
ilustrasi tugas
pengamatan
siswa dapat
menulis judul,
klasifikasi
umum, rincian
deskripsi
dengan tanda
baca dan ejaan
secara
tepat
|
. Pilih salah satu
objek observasi yang ada di
lingkunganmu!
2. Tentukan
aspek-aspek yang diamati!
a. Jika yang
diamati tumbuhan unsur yang harus
diamati
meliputi (a) ciri fisik, (b) kondisi
tempat tumbuh,
(c) perilaku tumbuhan, (d)
karakteristik
rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e)
proses
pertumbuhannya. Kalian bisa
menambahkan
unsur lain yang relevan.
b. Jika yang
diamati benda-benda cindera mata,
benda
tradisional khas, atau situs sejarah yang
ada di
daerahmu, unsur yang diamati adalah
(a) ciri fisik
(warna, motif, ukuran), (b) asal
muasal, dan
(c) perkembangan/ variasi bentuk
cindera mata
dari tahun ke tahun. Kalian bisa
menambahkan
unsur lain yang relevan.
3. Kembangkan
hasil observasimu menjadi teks
secara
utuh dan beri judul yang sesuai!
|
Rubrik Penilaian Proyek terlampir (Lampiran 3)
Jakarta, 17 Juli 2013
Mengetahui
Kepala
SMP 229 Jakarta ,
Pendidik,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar